5 Cara Menghilangkan Bau Pada Kulkas dengan Cara Alami

Tim MAHI|Juni 24, 2018

Apakah akhir-akhir ini kulkas di rumah baunya mulai terasa mengganggu? Jika terlalu penuh dan sering digunakan untuk menyimpan berbagai bahan makanan khususnya yang berbau tajam, kulkas akan mengeluarkan bau tidak sedap dan dapat mempengaruhi kualitas bahan makanan lain yang ada di dalamnya. Bagaimana caranya tanpa harus menggunakan bahan pembersih kimia? Berikut tim MAHI pilihkan 5 cara menghilangkan bau pada kulkas dengan cara alami. 

1. Cuka Putih

cara menghilangkan bau pada kulkas
Cuka putih adalah sahabat karib untuk menghilangkan bau amis hingga noda membandel. (Foto: Shutterstock)

Jika sebelumnya kita mengenal cuka sebagai bahan makanan, sekarang kita tahu fungsi lainnya sebagai penghilang bau. Siapa sangka kalau kondimen dengan rasa tajam ini ampuh menghilangkan bau tidak sedap dan membasmi bakteri penyebab bau?

Cara menggunakannya cukup dengan menuangkan cuka ke mangkuk atau gelas dan letakkan di dalam kulkas. Diamkan selama semalam penuh tanpa membuka pintu kulkas sekalipun. Keesokan harinya kulkas akan terbebas dari bau amis atau bau kurang sedap.

Karena memiliki banyak manfaat dan harganya yang terjangkau, karenanya wajib mempunyai cadangan cuka di rumah. Noda membandel di dalam kulkas juga bisa disulap menjadi bersih dengan menggunakan campuran cuka putih dan air hangat. Ingat, selalu kenakan sarung tangan plastik atau karet saat tengah membersihkan.

2. Vanilla

cara menghilangkan bau pada kulkas
Bersihkan kulkas terlebih dahulu sebelum menggunakan wewangian vanilla ini. (Foto: Shutterstock)

Aroma vanilla atau vanili ternyata membawa kesan relaksasi — mirip fungsinya dengan wewangian aromaterapi seperti lavender atau daun pandan. Tidak hanya itu, aroma vanilla juga cocok untuk menjadikan ruangan bahkan kulkas menjadi wangi.

Caranya cukup dengan meletakkan beberapa buah bola kapas yang sudah direndam dengan ekstrak vanili selama sehari atau dua hari. Karena wangi vanili tidak ‘agresif’, maka tidak usah khawatir bila wanginya mempengaruhi makanan yang ada di dalam kulkas.

Kurang suka dengan wangi vanili? Bisa juga menggantinya dengan minyak esensial seperti peppermint, lemon, pandan, atau jeruk. 

3. Buah Lemon

cara menghilangkan bau pada kulkas
Si buah yang menyimpan banyak manfaat. Dari membuat minuman segar hingga menghilangkan bau apek kulkas. (Foto: Shutterstock)

Para chef dari seluruh dunia wajib memiliki bahan makanan yang satu ini. Lemon bisa dibilang selalu menjadi ‘anak kesayangan’ bagi mereka yang hobi memasak dan menghabiskan waktu di dapur. Lemon cocok digunakan saat mengolah masakan laut yang cenderung amis. Begitu pun saat mengolah makanan seperti pencuci mulut yang berkalori tinggi, lemon akan membantu menyeimbangkan rasa dan membuatnya lebih ‘ringan’.

Untuk urusan bersih-bersih, buah yang satu ini juga menjadi andalan semua orang. Cara menghilangkan bau pada kulkas dengan lemon adalah dengan merendam handuk di dalam air perasan jeruk lemon dan lap permukaan kulkas yang kotor. Sim salabim! Kulkas akan terlihat lebih bersih dan segar karena wangi lemon.

4. Jus Tomat

cara menghilangkan bau pada kulkas
Bukan tubuh kita saja yang bisa mendapatkan manfaat dari jus tomat. Minuman kaya vitamin C ini juga baik untuk kulkas! (Foto: Shutterstock)

Cara menghilangkan bau pada kulkas berikutnya adalah dengan menggunakan jus tomat. Mengkonsumsi minuman ini dikenal dapat memberikan ‘suntikan’ vitamin A dan C agar tubuh lebih fit. Selain rasanya yang penuh umami dan nikmat, jus tomat ternyata bisa berfungsi sebagai ‘double agent’ yang ampuh membersihkan dan menyerap bau tidak sedap pada kulkas.

Caranya adalah dengan menuangkan sedikit jus tomat pada spons dan gosok pada bagian yang kotor ataupun bau. Kemudian bersihkan bagian tersebut dengan spons bersih yang sudah direndam dengan air sabun hangat. Bilas dengan kain basah dan biarkan permukaan kering.

Sebelum bersih-bersih, pastikan kulkas kosong terlebih dahulu. Setelahnya, kulkas harus diangin-anginkan terlebih dahulu hingga benar-benar kering sebelum dinyalakan kembali. Hal ini penting untuk mencegah datangnya lumut atau jamur.

5. Arang

cara menghilangkan bau pada kulkas
SI hitam keling yang biasa kita gunakan untuk memanggang ini ternyata punya fungsi lain sebagai penghilang bau. (Foto: Shutterstock)

Si hitam keling yang satu ini ternyata memiliki ‘sihir’ yang mampu menghilangkan bau apek atau bau amis dari dalam kulkas. Dibandingkan dengan bahan pembersih lainnya, membersihkan menggunakan arang memang membutuhkan waktu yang lebih panjang

Namun metode ini cocok untuk kita yang akan meninggalkan rumah selama akhir pekan. Kenapa? Agar bau amis dari kulkas bisa hilang sepenuhnya, Caranya adalah dengan menempatkan potongan-potongan arang di berbagai sudut di kulkas. Tutup dan beberapa hari kemudian kulkas akan bebas dari bau!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.