4 Cara Menghilangkan Kerak pada Panci Tanpa Harus Bayar Mahal

Wina|Juli 15, 2018

Jangan buang panci gosong kamu! Ternyata ada lebih dari satu cara yang mudah untuk membersihkan kerak gosong demi mengembalikan panci ke masa kejayaan mereka. Tidak hanya itu, semua bahan yang dipakai juga tersedia dimana-mana dan harganya murah. Nah, berikut aku rangkumkan 4 cara menghilangkan kerak pada panci tanpa harus berepot-repot membeli yang baru!

1. Baking Soda

cara menghilangkan kerak pada panci
Satu botol baking soda tidak sampai 20 ribu rupiah, jauh lebih murah dibandingkan dengan panci baru yang harganya bisa sampai ratusan ribu. (Foto: Shutterstock)

Taburkan satu cangkir baking soda di dasar panci yang hangus dan tambahkan air secukupnya. Masak dan didihkan selama 15 – 30 menit, ulangi jika perlu. Bagian panci yang paling gosong biasanya akan ikut terkelupas dan larut dalam air. Metode ini rupanya lebih efisien dibandingkan dengan menggosok menggunakan sabun secara berulang-ulang hingga tangan pegal dan hayati lelah.

2. Cuka

cara menghilangkan kerak pada panci
Kombinasi cuka dan air panas ampuh melunakkan kerak gosong pada panci dan wajan. (Foto: Shutterstock)

Cara menghilangkan kerak pada panci berikut ini tidak kalah sederhananya. Yang perlu kamu siapkan hanyalah cuka dan sikat panci. Selanjutnya, tuang cuka hingga menutupi bagian bawah panci yang gosong. Masak cuka kemudian bawa nyaris ke titik didih. Angkat panci dan langsung digosok selagi dalam kondisi agak panas. Jangan lupa gunakan sarung tangan agar lebih aman ya, teman-teman.

3. Saus Tomat

cara menghilangkan kerak pada panci
Meski terdengar aneh, saus tomat adalah salah satu ‘amunisi’ handal dalam menumpas kerak gosong panci. (Foto: Shutterstock)

Siapakah jodohnya saus tomat? Kalau ditanya seperti itu pasti jawabannya adalah kentang goreng, sosis, ataupun pizza. Saus tomat yang memiliki rasa manis dan gurih ini ternyata punya super power tersendiri yang bisa dipakai untuk membersihkan lapisan hitam dari panci yang gosong!

Meski tidak lazim, ini adalah metode pembersihan yang efektif karena sifat kimia dari bahan-bahan dalam saus tomat. Asam asetat dalam saus tomat mampu mengikis kerak gosong pada panci. Caranya adalah dengan menuangkan saus tomat ke permukaan panci yang ingin kamu bersihkan dan diamkan selama setidaknya 30 menit. Kemudian gosok dengan sikat dan panci akan terlihat lebih bersih. 

4. Soda

cara menghilangkan kerak pada panci
Punya soda di kulkas? Jangan diminum dulu! Sisakan untuk membersihkan kerak gosong dari panci kesayangan kamu. (Foto: Shutterstock)

Segelas soda tidak hanya mampu menghilangkan haus, tapi juga kerak gosong pada panci. Caranya, tuang soda pada panci yang ingin dibersihkan. Kamu perlu menambahkan tingginya hingga dua hingga tiga inci karena soda akan menguap saat dimasak. Kemudian masak hingga mendidih. Setelah merebus isi wajan, matikan api, dan biarkan mendingin sepenuhnya selama setengah jam. Buang soda lalu bersihkan dan gosok-gosok untuk menghilangkan sisa kerak dan noda dari soda.

Sekarang teman-teman semua sudah tahu deh cara yang mudah dan murah untuk membersihkan panci yang berkerak. Kalau punya cara-cara yang lain, jangan sungkan berbagi denganku ya!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.